WEX 2012: Architecture for The Future

Sebagai mahasiswa arsitektur, rasanya tidak pernah terlepas dari hal-hal yang berbau pameran. Kami sering mengadakan pameran karya-karya kami, entah itu adalah karya studio (salah satu mata kuliah) maupun karya lainnya. Kemudian pada era 2000-an, diadakannya KKA (Kuliah Kerja Arsitektur) – kegiatan kuliah yang dilakukan di luar kampus – membuat para mahasiswa semakin semangat untuk memperlihatkan hasil kuliah kerja mereka selama kegiatan tersebut. Ditambah lagi dengan adanya dukungan dari jurusan yang memang menginginkan adanya bentuk nyata dari hasil KKA.

Terbentuklah sebuah acara pameran pasca-KKA. Berbagai venue pernah ditempati untuk mengadakan pameran. Sampai pada akhirnya pada tahun 2012 lalu, panitia – seluruh Keluarga Mahasiswa Teknik Arsitektur; mahasiswa angkatan 2009, 2010 dan 2011 pada saat itu – memilih venue Benteng Vredeburg sebagai pusat kegiatan pameran pasca-KKA. Namun, pada saat itu, kegiatan pasca-KKA dikemas dengan sedikit berbeda. Sekaligus dalam rangka memperingati Dies Natalis 50 Tahun Teknik Arsitektur Universitas Gadjah Mada dan menyambut Hari Bumi Internasional, event tahunan ini berubah menjadi event besar yang pertama kali diadakan oleh kami dengan nama barunya, yaitu Wiswakharman Expo.
Wiswakharman Expo 2012 ini bertemakan Architecture for The Future. Acara ini terdiri dari kompetisi, seminar, pameran, art performance dan bazar yang dimaksudkan menjadi media provokasi dan interaksi antara mahasiswa dan publik. Karya-karya yang ditampilkan merupakan karya arsitektur berkelanjutan untuk masa depan. Karya tersebut dapat disaksikan masyarakat umum secara terbuka dan digunakan sebagai media belajar bersama dan nantinya mahasiswa – masyarakat umum – pemerintah sehingga dapat menjadi pengetahuan bersama khususnya warga Yogyakarta.
Rangkaian acara Wiswakharman Expo –yang seringkali disingkat WEX— diawali pada tanggal 17 Maret 2012, pukul 08.00-13.00 WIB di Gedung Jurusan Arsitektur dan Perencanaan Wilayah Kota, Fakultas Teknik UGM. Hari itu acaranya terdiri dari: Soft opening yang diisi oleh Workshop Sayembara Desain Arsitektur Pasca Kiamat, Pelatihan Sketsa Arsitektural, dan Opening Ceremony Foto Esai.


Puncak acara WEX 2012 ditutup dalam satu acara bertempat di Benteng Vredeburg pada tanggal 20, 21, dan 22 April 2012. Puncak acara bertepatan dengan Paska-KKA, Dies Natalis Teknik Arsitektur Universitas Gadjah Mada, dan Hari Bumi Internasional. (Bila)








0 comments:

Post a Comment